Kapolsek Pandan AKP P. Tambunan Bersama anggota Cek Langsung TKP Pengrusakan Situs Budaya Batu Kursi Bukit Harangan Julu Aek Tolang

Kapolsek Pandan AKP P. Tambunan Bersama anggota Cek Langsung TKP Pengrusakan Situs Budaya Batu Kursi Bukit Harangan Julu Aek Tolang

Polsek Pandan – Kepolisian Sektor Pandan Resor Tapanuli Tengah pada Hari senin tanggal 29 januari 2018 sekitar pkl 14.30 wib oleh kapolsek pandan AKP Parohon Tambunan bersama Kanit Sabhara Iptu Nasrul Matondang dan kanit Intel polsek pandan serta anggota Unit Reskrim Polsek pandan Bripka yuda berangkat ke TKP pengrusakan sejarah batu kursi yang berada di Bukit harangan julu lingkungan 1 kel.Aek tolang induk kec tukka Kabupaten Tapanuli Tengah.

TKP yang berjarak kurang lebih 5 km dengan jalan menanjak dari jalan mendatar
Adapun berangkatnya ke TKP didampingi oleh camat tukka dan Lurah kel.aek tolang induk serta masyarakat kel.aek tolang induk kec.Tukka.

Dari hasil Cek TKP di bukit harangan julu tersebut di temukan sbb:
1.bongkahan batu gunung yang telah di pecah yang menurut masyarakat bahwa pecahan bongkahan tersebut adalah situs sejarah batu kursi yang selama ini diyakini oleh masyarakat tempat berkumpulnya para leluhur atau pendiri kampung tersebut .
2. Ditemukan lobang yang telah digali sedalam 2 meter disekitar batu kursi situs sejarah yang dipercayai masyarakat disekitar lokasi.
3.temukan bongkahan batu yang mirip seperti Kursi dan mejanya.
4.diremukan 1 kursi batu yang masih utuh yang diduga tempat perkumpulan lehur masyarakat kel.aek tolang induk.
5.Dari hasil pemantauan mulai dari bawah bukit sampai keatas bukit tempat ditemukan batu yang mirip kursi tidak ada ditemukan batuan yang lain.

Petugas mengambil tindakan pemasangan Police Line pada sekitar TKP bongkahan batu yang diduga pecahan situas sejarah batu kursi.

Kapolsek Pandan menyarankan kepada camat dan lurah agar membuat papan Larangan agar tidak melakukan pengrusakan terhadap situs sejarah batu kursi yang diyakini oleh masyarakat serta agar membuat putusan masyarakat terhadap situs sejarah batu kursi serta kronologis dianggap bahwa batu kursi tersebut menjadi sejarah .

Humas Polres Tapteng

About the author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *